Penjelasan Tentang Blog & WebsiteEdisi-trik blogspot akan membahas tentang pengertian dari blog itu sendiri, mungkin bagi para pengguna blogger di blogspot memang sudah sering mendengar atau melihat blog tersebut, dan mungkin ada juga yang menganggap bahwa website biasa itu juga di sebut dengan Blog. Supaya pengguna blogger di blogspot tidak salah mengartikan blog dan website, maka dari itu saya akan menjelaskan dengan sedikit rincian yaitu mengenai blog dan perbedaan antara website dengan blog.

Blog merupakan singkatan dari "web log" yaitu merupakan aplikasi web yang di muat sebagai posting berupa tulisan pada sebuah halaman web, situs web ini biasanya dapat di akses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Naah.. Kemudian untuk perbedaan blog dengan website yaitu :
Blog lebih gampang untuk mengupdate informasi terkini karena lebih dinamis dan gampang untuk menggunakan nya.
Kalau Website atau website biasa, biasanya dari halaman situs tersebut banyak yang tetap dan update hanya berisi dari halaman tersebut atau itu-itu saja isinya, yang di update kebanyakan cuma pemberitahuan dan lain lain atau isi situs tersebut menyangkut dalam satu hal saja (itupun tergantung si pemilik website dalam tujuan apa mereka membuat website tersebut).

Website biasa/statis biasanya di gunakan untuk menjual dan melakukan berbagai bisnis di internet secara online maupun offline.
sedangkan Blog kebanyakan mengutamakan interaksi dari si pemilik dan si pembaca blog (pengunjung/tamu), di mana si pembaca blog dapat memberi komentar atau tanggapan dari artikel yang di buat atau di posting oleh pembuat/ pengguna blog.

Awalnya, blog di gunakan oleh blogger sebagai catatan online, dan bebas di baca bagi siapa saja yang mengunjungi blog tersebut dari internet komputer maupun ponsel.

Pada umumnya, blog akan saya bagi menjadi 2 yaitu blog gratisan dan blog berbayar :

Blog gratisan adalah blog yang di buat oleh pembuat situs atau program penyedia blog gratis, seperti : blogspot.com, wordpress.com, blogdetik.com, blog.com, webly.com dan masih banyak lagi blog gratis lainnya.

Kalau, Blog berbayar adalah blog yang di buat menggunakan nama domain dan hosting, maka dari itu Anda harus mengeluarkan uang dengan membeli domain dan hosting yaitu melalui situs penyedia domain dan hosting tersebut, seperti : .com, .net, .info dan lain lain.

Perbedaan lain dari Blog gratisan dan Blog berbayar :
Untuk blog gratisan terlihat kurang profesional karena menggunakan sub domain, contohnya :nama-blog-Anda.blogsdpot.com atau nama-blog-Anda.wordpress.com, kelangsungan blog tersebut bergantung pada situs penyedianya. Kalau penyedia blog gratisan tersebut menghentikan layanan nya, otomatis blog Anda akan hilang.

Kalau untuk blog berbayar menggunakan Top Level Domain (TLD), yang mempunyai akhiran : .com, .org, .info, .net, contohnya : nama-blog-Anda.com, nama-blog-Anda.net , sehingga terlihat lebih proffesional, dan blog berbayar tidak akan hilang selama Anda memperpanjang setiap tahunnya.

Jika ingin serius berbisnis secara langsung di internet, akan lebih baik menggunakan blog berbayar, kalau untuk blog pemula sih tidak masalah dengan blog gratisan, karena dengan blog gratisan Anda juga bisa memiliki penghasilan dari internet dan bisa mengupgradenya menjadi domain .com, .info dan lain lain nya jika suatu saat Anda merubahnya menjadi blog berbayar.

Saran saya :
Jika Anda ingin membuat blog gratisan, lebih baik menggunakan blogger.com seperti saya saat ini, karena situs ini adalah milik om Google.

Semoga Bermanfaat untuk Anda


0 komentar to "Penjelasan Tentang Blog & Website"

Posting Komentar